Chủ Nhật, 21 tháng 6, 2009

SUARA MAHASISWA PUNCAK JAYA

FREE WEST PAPUA CAMPAIGN INGGRIS (FWPC) ANCAM INTEGRITAS NKRI

Akhirnya Pemerintah Indonesia mengakui perjuangan FREE WEST PAPUA CAMPAIGN INGGRIS yang dipimpin oleh Tuan Benny Wenda dan dinakhodai Co-director Free West Papua Campaign, Tuan Richard Samuelson. Pengakuan ini bukan datang dari orang biasa-biasa yang tidak tahu-menahu tentang Politik Luar Negeri tetapi dari seorang diplomat sangat senior dan berpengalaman dalam diplomasi Indonesia di luar negeri. Orang tersebut adalah Mr Dewa Made Juniarta Sastrawan, seorang Diplomat Senior Indonesia, mantan Wakil Duta Besar Indonesia untuk Inggris dan pernah menjabat pelaksana Pejabat Duta Besar Inggris di London ketika Dr Marty Natalegawa dipindahkan dari London ke New York (akhir 2006 dan awal tahun 2007). Berikut ini simak kata-kata Mr Dewa Made Juniarta Sastrawan yang dipublikasikan Harian Republika dan Harian Umum PELITA.

Deplu: FWPC di Inggris Ancam Integritas NKRI

By Republika ContributorRabu, 10 Desember 2008 pukul 21:01:00


SUNGAILIAT -- Direktur Eropa Barat Departemen Luar Negeri, Dewa Made Juniarta Sastrawan, mengemukakan, manuver gerakan separatis Papua di Inggris yang disponsori 'Free West Papua Campaign' atau (FWPC) merupakan ancaman terbesar bagi integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)."Gerakan separatis FWPC aktif berkampanye dan menggalang kekuatan internasional bagi kemerdekaan Papua dengan mendiskreditkan Pemerintah Indonesia ," ujarnya ketika berbicara dalam Seminar Pengembangan Upaya Peningkatan Diplomasi Indonesia Dalam Menangani Perkembangan Isu Papua di Luar Negeri, di Sungailiat, Rabu.

Ia menjelaskan, dinamika masalah Papua di Inggris selama tiga tahun terakhir makin membahayakan. Kampanye negatif yang diotaki 'Free West Papua Campaign (FWPC) bukan hanya di Inggris, tetapi sudah meluas hingga ke negara-negara Eropa Barat lainnya seperti Belanda."Tema sentral kampanye FWPC yang dipimpin oleh Richard Samuaelson dan Benny Wenda adalah masalah pembebasan Yusak Pakage dan Filipe Karma yang dipenjarakan terkait pengibaran bendera separatis Bintang Kejora ." jelasnya.

FWPC secara rutin mengadakan kampanye menggunakan musik Tifa dan lagu-lagu Papua yang disiarkan radio BBC London dan kampanye di berbagai tempat lainnya terutama di wilayah 'Oxfrodshire'.Tujuan dari gerakan separatis Papua di luar negeri adalah untuk memperoleh dukungan politik dari negara setempat yang kemudian di arahkan ke dunia internasional, guna mencapai tujuannya memisahkan Papua dari NKRI atau penetuan nasib sendiri (Self Determination) untuk memancing respon PBB.

Isu tambahan yang mereka angkat adalah masalah HAM dan situasi sosial ekonomi masyarakat di wilayah Papua. Isu HAM yang selalu mereka angkat antara lain tertembaknya Opinus Tabuni di Wamena 9 Agustus 2008.Masalah lain yang diangkat adalah penyiksaan terhadap Ferdinand Pakage di Lembaga Pemasyarakatan Abepura 24 Septerber 2008 serta penangkapan terhadap Buchtar Tabuni 3 Desember 2008.

Masalah sosial ekonomi juga selalu dikaitkan dengan kegagalan kebijakan otonomi khusus seperti penyakit kolera dan HIV/AIDS, pedidikan dan lingkungan hidup juga mereka sorot sebagai ketidak adilan yang dialami oleh warga negara Indonesia yang tinggal di Papua.

Richard samuelson sangat aktif mengirim email kepada anggota parlemen Inggris, pejabat kementerian dan tokoh masyarakat yang ditembuskan kepada para pejabat KBRI London.Menurut Made, kampanye yang dilakukan Richard samuelson hingga pertengahan tahun 2008 belum mendapatkan simpati sesuai harapannya namun harus tetap diwaspadai.

FWPC juga memanfaatkan All Party Parliamentary Group on West Papua (APPG-WP) adalah suatu lembaga formal dalam parlemen Inggris untuk menampung para anggota parlemen dan House Of Lord UK yang tertarik untuk mengetahui dan membahas berbagai perkembangan Papua.Dalam hal ini disarankan kepada masyarakat dan pemerinta Indonesia untuk selalu mewaspadai dan mencermati kampanye FWPC terhadap perkembangan di wilayah Papua," demikian Made.ant/kp

CATATAN TAMBAHAN: Apa yang dikomentari Mr Dewa Made Juniarta Sastrawan ini semuanya telah diceritakan secara detail lewat foto-foto yang ada dalam WARTA PAPUA MERDEKA DALAM GAMBAR ini . Silahkan klik dan lihat satu-satu. Foto-foto ini merupakan SAKSI SEJARAH perjuangan Bangsa Papua Barat di dunia internasional (khususnya di Inggris) yang menceritakan secara lengkap bahkan lebih lengkap dari pengakuan dan komentar Pak Made tentang perjuangan Free West Papua Campaign yang dipimpin oleh Pemimpin Papua Merdeka, Tuan Benny Wenda

Không có nhận xét nào:

Đăng nhận xét